Tuesday, June 11, 2013

BANTUAN DANA PENELITIAN UNTUK MENYELESAIKAN TESIS DAN DISERTASI Dari DNIKS Dan Yayasan Damandiri

Majalah Gemari

Laporan: YDSM/Donni

I. Pendahuluan
Dalam rangka pembangunan Budaya Peduli Anak Bangsa, Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) dan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) pada tahun 2006 mengundang mahasiswa pascasarjana untuk meraih penghargaan penelitian dan penulisan tesis atau disertasi tentang pembangunan sosial dan pengentasan kemiskinan. Penghargaan tersebut diberikan sebagai upaya merangsang perhatian dari partisipasi masyarakat dalam penanganan masalah sosial dan pembangunan keluarga sejahtera.

DNIKS yang didirikan pada tahun 1967 merupakan lembaga nasional yang mempunyai anggota Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteran Sosial (BK3S) berbagai Propinsi serta Organisasi Sosial (Orsos) Tingkat Nasional. Anggaran Dasar DNIKS 2005 menetapkan Visi terwujudnya masyarakat Indonesia yang maju, sejahtera dan berkeadilan. Misi utamanya berperan secara aktif dalam pemberdayaan masyarakat dan mengembangkan jejaring dan kemitraan di bidang kesejahteraan dan pembangunan sosial.

Misi tersebut diterjemahkan dalam program kerja dengan tema pokok "Membangun Kepedulian Anak Bangsa" melalui upaya-upaya pengembangan jejaring kerjasama dan peningkatan mutu pelayanan dalam mengatasi masalah sosial. Termasuk didalamnya pengembangan model yang bisa dimanfaatkan untuk merangsang kepedulian dan parlisipasi yang tinggi dalam upaya peningkatan kesejaht^raan sosial masyarakat.

Yayasan Dana Sejahtera Mandiri lebih dikenal sebagai Yayasan Damandiri didirikan oleh mantan Presiden Suharto pada tanggal 15 Januari 1996. Yayasan Damandiri sebagai badan hukum resnii mempunyai Misi membangun sumber daya manusia dan mengantarkannya menjadi keluarga sejahtera. Dalam mengimplementasikan program yang diselenggarakan melalui kemitraan, mjlai tahun 2004 (Yayasan Damandiri memfokuskan kegiatannya membantu pemerintah dan masyarakat untuk mencapai tujuan Pembangunan Millineum atau Milleneum Dewelopment Goals (MDGs).

Dengan telah ditetapkannya sasaran MDG's untuk penurunan tingkat kemiskinan sebesar 50 % dalam tahun 2009, maka Yayasan Damandiri menempatkan program pemberdayaan sumberdaya manusia (SDM) sebagai prioritas utama. Pelaksanaan upaya itu dilakukan dengan menggandeng kemitraan dengan berbagai pihak, dengan fasilitasi berupa konsep dan pemikiran serta alokasi dukungan dana pembangunan yang dapat dimanfaatkan secara efektif.

Pemberdayaan SDM yang luas dan berhasil mempakan bagian yang sangat penting untuk penanggulangan kemiskinan dan menyelesaikan masalah-masalah sosial, karena itu DNIKS dan Yayasan Damandiri mulai tahun 2006 menggalang kerjasama mendorong kepedulian dan minat para mahasiswa untuk meneliti dan mengembangkan model penanganan masalah sosial dan pembangunan keluarga sejahtera.

Melalui kerjasama kedua lembaga diatas para mahasiswa diundang iintuk meneliti masalah sosial dan atau mengembangkan model-model pembangunan bidang sosial. Undangan yang merupakan tantangan para mahasiswa S2 dan S3 yang sedang menyusun tesis atau disertasi ini merupakan kesempatan untuk dapat merebut penghargaan penelitian dan bantuan penulisan tesis atau disertasi dengan syarat-syarat yang ditentukan.


II. Tujuan dan Sasaran


Tujuan pemberian penghargaan adalah untuk mendorong minat dan kepedulian mahasiswa pascasarjana menghasilkan karya nyata untuk membantu menyelesaikan masalah sosial, menanggulangi kemiskinan dan membangun keluarga sejahtera di Indonesia. Sasaran yang ingin dicapai adalah terhimpunnya hasil penelilian dan model penggarapan yang inovatif untuk menyelesaikan masalah sosial, mengentaskan kemiskinan dan membangun keluarga sejahtera.


III. Persyaratan Peserta


A. Persyaratan umum

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana (Strata 2 atau Strata 3) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi secara resmi.
  3. Telah menyelesaikan semua perkuliahan, sedang mempersiapkan rencana penelitian atau mulai memproses penulisan tesis atau disertasi.
  4. Mengambil program studi dalam bidang Pengembangan SDM, Pembangunan Sosial dan Kesejahtetaan Sosial serta melakukan penelitian yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk pembangun model atau menggelar program berupa kegiatan intervensi atau dukungan dalam memecahkan masalah sosial dan pengentasan kemiskinan.
  5. Bukan mahasiswa tugas belajar atau penerima beasiswa dari instansi pemerintah atau lembaga bukan pemerintah, atau lembaga asing yang telah mendapatkan bantuan biaya untuk penyusunan tesis/disertasi.
  6. Tidak tercatat terlibat tindakan kriminal dan bebas dari penggunaan narkoba yang dinyatakan dari Kepolisian.
  7. Mempunyai IPK tata-rata diatas 3 (tiga).
  8. Bersedia menyelesaikan tugas penelitian dan penyusunan tesis/disertasi, sampai sidang ujian akhir paling lambat dalam (dua puluh empat) bulan sejak diterimanya usulan penelitian lesis atau disertasi.
  9. Bersedia mengirimkan satu hard copy dan satu CD ROM Tesis atau Disertasi kepada Sekretariat DNIKS, dan memberikan persetujuan atas publikasi keseluruhan atau sebagian dati tesis atau disertasi tersebut oleh DNIKS atau Yayasan Damandiri untuk kepentingan umum.

B. Persyaratan administratif

  1. Mengajukan diri sebagai peserta untuk mendapatkan penghargaan berupa bantuan biaya penelitian atau penulisan tesis atau disertasi dengan mengisi dan mengirim formulir DNIKS/Yayasan Damandiri.
  2. Melampirkan foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
  3. Melampirkan daftar riwayat hidup yang terbaru.
  4. Melampirkan bukti asli registrasi mahasiswa.
  5. Melampirkan foto copy transkrip akademis.
  6. Melampirkan rancangan penulisan Tesis/Disertasi yang telah disetujui Pimpinan Program Pascasarjana dan Komisi Pembimbing/Promotor.
  7. Melampirkan Surat Keterangan dari Pimpinan Program Pascasarjana bahwa yang bersangkutan bukan mahasiswa beasiswa atas tugas belajar dari instansi pemerintah/lembaga swasta nasional, daerah atau asing yang telah mendapatkan biaya penulisan disertasi.
  8. Melampirkan Surat Petsetujuan penyerahan satu buku dan CD ROM dari tesis atau disertasi kepada Sekretaris DNIKS sebagai ijin publikasi keseluruhan atau sebagian dari tesis/disertasi oleh DNIKS/Damandiri.
  9. Melampirkan hasil Penilaian ujian tesis atau disertasi bagi yang mengusulkan menerima penghargaan penelitian setelah selesai ujian.
  10. Lolos seleksi yang dilakukan oleh Tim Penilai.

IV. Penghargaan Penelitian dan Penulisan Tesis/Disertasi.

Penghargaan yang diperebutkan adalah sebagai berikut :

  1. Penghargaan Penelitian yang terpilih berupa hadiah dari Ketua Badan Pertimbangan DNIKS, Bustanil Arifin SH. dari Ketua Umum DNIKS, Prof. Dr. Haryono Suyono dan dari Gibernur DKI Jakarta Sutiyoso, masing-masing sebesar Rp, 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah).
  2. Penghargaan DNIKS/Damandiri bagi sekitar 400 mahasiwa Program Strala 2 (s2) yang tesisnya terpilih berupa dana bantuan penulisan tesis atau disertasi sebesar Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah)
  3. Penghargaan DNIKS/Damandiri bagi sekitar 100 mahasiswa Program Strata 3 (s3) yang disertasinya terpilih berupa dana bantuan penulisan sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah)

V. Tata Cara Pemberian Penghargaan Penelitian dan Penulisan Tesis/Disertasi.

  1. Mahasiswa yang memenuhi persyaratan umum dan administratif tersebut diatas mengirimkan bahan-bahan yang ditentukan sebagai syarat untuk memperebutkan penghargaan penelitian dengan mengisi formulir yang dikeluarkan oleh DNIKS/Damandiri ke Sekretariat DNIKS melalui Pos, Jl. Tanah Abang Timur No.15, Jakarta Pusat 10110. Telp. (021) 3844718,3850631. Fax: (62-31)3840863. E-mail: dniks@rad.ned.id.
  2. Berkas usulan beserta lampirannya setelah diterima oleh Sekretariat DNIKS diverifikasi dan dinilai oleh suatu Tim Penilai yang dibentuk oleh DNIKS. Penilaian didasarkan atas relevansi subtansi dan ketepatan metodologi atau kekhasan model untuk pemecahan masalah sosial dan pengentasan kemiskinan.
  3. Tim Penilai terdiri atas para akademisi, cendekiawan dan praktisi dibidang Pembangunan Sosial, Kesejahteraan Sosial dan Pengentasan Kemiskinan yang bekerja sesuai penugasan dari Pengurus DNIKS.
  4. Dalam waktu satu bulan setelah Sekretariat DNIKS menerima 10-20 usulan, Tim Penilai akan mengadakan sidang. Berdasarkan keputusan Tim Penilai, Sekretariat DNIKS akan memberiKan jawaban tertulis kepada Pengusul melalui Pos, Fax, atau E-mail.
  5. Jawaban akan diberikan oleh Sekretariat DNIKS dengan kategori :
    • Diiterima sebagai calon penerima pcnghargaan penelitian dan penerima bantuan penulisan tesis atau disertasi.
    • Diterima hanya sebagai calon penerima bantuan peniilisan tesis atau disertasi.
    • Diterima sebagai calon penerima bantuan penulisan tesis atau disertasi dengan syarat perbaikan,
    • Ditolak untuk menerima bantuan penulisan tesis atau disertasi.
  6. Keputusan Tim Penilai DNIKS tidak dapat diganggu gugat.
  7. Jangka waktu pengajuan penelitian atas bantuan penulisan tesis/disertasi oleh pengusul sampai kepada penyelesaian penulisan dan lulus dalam ujian sidang untuk mempertahankan, maksimal 12 (dua belas) bulan untuk Strata 2, dan 24, (dua puluh empat) bulan untuk Strata 3.
  8. Pengusul yang rancangan penelitian dan penulisan tesis atau disertasi yang diterima oleh Tim Penilai DNIKS, akan menerima Buku Tabungan pada Bank yang ditunjuk oleh DNIKS/YSDM dan diisi dengan 50% (lima puluh persen) dari bantuan dana penulisan tesis/disertasi.
  9. Sisa bantuan penulisan akan dikirim melalui Buku Tabungan yang sama, setelah Pengusul menyerahkan satu copy tesis atau disertasi berikut satu CD-ROM kepada Sekretariat DNIKS.
  10. Mahasiswa S2 alau S3 yang telah menempuh ujian dan mengirimkan hasil dengan menyertakan keterangan predikat kelulusannya oleh Tim Penguji Pimpinan Program akan dinilai oleh Tim Penilai untuk memperoleh dana penghargaan penelitian.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi Sekretariat DNIKS:
Jl. Tanah Abang Timur No.15, Jakarta Pusat 10110.
Telp. (021) 3844718,3850631. Fax: (62-21)3840863.
E-mail: dniks@rad.ned.id

No comments: